Kalau mau bisnis please jangan bodo


Banyak orang yang pengen bisnis. Syukur syukur yang tanpa modal tapi bisa mendatangkan untung melimpah. Hanya saja masih banyak orang yang ingin berbisnis hanya karena “ iri “ dengan keberhasilan orang lain. Entah temenya , entah tetangga nya , atau siapapun yang dianggap sudah sukses dengan cepat hanya karena dia berbisnis . Contoh nih , melihat temenya sukses berbisnis gamis , dia ikut ikutan pengen bisnis gamis. Padahal dia ga ada basic sama sekali soal style fashion , kualitas bahan , kualitas jahitan dan lain sebagainya. Sementara temanya yang sudah sukses ber bisnis gamis itu tidak hanya mengerti soal gamis tetapi sudah sangat menguasi. Nah karena ingin ikut ikutan sukses, maka ikutan dah jualan gamis. Tapi sayang, ga ada jiwa bisnisnya sama sekali.


Beberapa ( yang menurutku) adalah sebuah kebodohan dalam berbisnis antara lain :

1.       Beranggapan bahwa modal hanya dibutuhkan diawal bisnis.
Padahal sudah sangat jelas salah. Akan banyak kebutuhan yang harus dicukupi ditengah tengah bisnis kita. Entah itu untuk promo , maintenance atau yang lainya.  Dan faktanya masih banyak orang / pebisnis yang enggan mengeluarkan modal lagi untuk meng upgrade kemampuan bisnisnya.
2.       Menjalankan bisnis tanpa mengenal betul siapa target marketnya. Terutama mereka yang memilih untuk menjalankan bisnisnya dengan media online. Katakanlah mereka berbisnis dengan memanfaatkan facebook. Masih banyak yang berfikir semakin banyak pertemanan akan semakin bagus buat bisnisnya. Iya benar memang , semakin banyak pertemanan berarti target penjualan semakin besar. Salahnya adalah pertemanan mereka itu ngacak. Tidak dimanfaatkan untuk mencari pertemanan dengan akun facebook ( salah satu media sosial) yang berisi hanya target market. Mau harga semurah apapun, kualitas prodak sebagus apapun kalau ditawarkan ( melalui postingan ) tidak akan mungkin akan terjadi order. Lha butuh prodak itu aja engga kok.
3.       Sok sokan merasa udah cukup dengan hasil bisnisnya. Nah ini yang bikin aku senyum senyum kalau tau ada pebisnis yang suka bilang “ Segini aja udah cukup lah buat aku “ . Oke merasa bersyukur itu penting. Tetapi dalam bisnis keinginan untuk mencapai hasil yang lebih maksimal juga penting. Dan kebanyakan orang yang berpendapat seperti diatas itu ketika dia ditawarin upgrade skill bisnisnya. Yang bikin aku senyum senyum tuh awalnya dia ada ketertarikan untuk tau bagaimana cara bisnis yang lebih bagus. Tetapi begitu tau kalau “ cara “ itu bersifat premium alias harus order, baru deh bilang kalau hasil yang sudah diperoleh itu sudah cukup. Lha awalnya butuh begitu tau suruh bayar mendadak ngga butuh lagi. Come on!
Ada yang mau nambahin kira kira “ kebodohan “ apa lagi yang biasa kalian liat ? sok komen dah

Komentar